Selamat Datang Pada BLOG SYAFA'AT semoga bermanfaat
Home » » Mengapa Memilih Madrasah.

Mengapa Memilih Madrasah.

Mengapa Memilih Madrasah.
Syafa’at, SH, MHI
Nilai Ujian Negara masih manjadi salah satu acuan dalam menilai kwalitas sebuah pendidikan. Meskipun tidak selamanya sekolah sekolah yang dikenal sebagai sekolah favorit dapat menorehkan nilai tinggi dalam ujian. Setidaknya dapat dijadikan salah satu daya tarik untuk mendapatkan siswa (dengan nilai input yang tinggi), sementara bagi seorang siswa,dengan nilei tinggi tersebut dapat lebih mudah mendapatkan jejang sekolah setingkat diatasnya. Hal ini dikatrenakan Nilai Ujian Nasional masih dianggap sebagai parameter keberhasilan seseorang, meskipun bukan lagi salah satu penentu kelulusan.
Adanya beberapa siswa yang unggul dalam nilai UNBK yang berasal dari sekolah yang selama ini tidak dikenal sebagai salah satu sekolah unggulan sebagai salah satu indikasi bahwa sebaran peningkatan mutu sekolah semakin membaik. Hal ini sangat berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya dimana sebaran nilai unggul hanya ada di beberapa sekolah tertentu saja.
Memang lebih mudah mengukur besaran nilai dengan angka, karena pada dasarnya kita lebih mudah melihat sesuatu yang tampak dan mengukur sesuatu yang jelas ukurannya, namun tidak semua nilai harus (selalu) diukur dengan pengakuan angka. Bukankah Undang Undang Pendidikan Nasional  mengisyaratkan bahwa  Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Tidak semua sekolah negeri menerapkan pendaftaran peserta didik baru dengan hanya  memprioritaskan nilai yang diperoleh dalam pelaksanaan UNBK. Beberapa sekolah melakukan penerimaan peserta didik baru secara mandiri, artinya disamping nilai UNBK yang dimiliki, juga melihat nilai raport dan tes mandiri yang dilaksanakan oleh sekolah tersebut. Hal ini dilakukan oleh beberapa sekolah swasta dan Madrasah ( Sekolah dibawah naungan Kementerian Agama )
Madrasah adalah salah satu bentuk satuan pendidikan umum dengan kekhasan agama Islam pada jalur formal dalam binaan Kementerian Agama yang berbentuk Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Madrasah Aliyah Kejuruan. Dalam hal ini dapat diartikan bahwa fungsi Madrasah tak ubahnya sama dengan sekolah pada umumnya, namun dengan ciri khas tertentu, yakni agama Islam.
Kesadaran untuk memasukkan nilai nilai agama kedalam pendidikan formal saat ini bukan hanya dilakukan oleh Lembaga Madrasah dan Sekolahn umum yang berciri khas keagamaan saja, namun saat ini beberapa sekolah umutm yang dulunya tidak memasukkan materi pendidikan agama pada kegiatan ektrapun saat ini ada yang memasukkannya kedalam kegiatan unggulannya, bahkan bada sekolah tersebut yang mulai merintis Ma’had ( Istilah yang umum diberikan terhadap sebuah pesantren yang dikelola Madrasah ).
Di Madrasah Aliyah, disamping ada jurusan yang sama dengan jurusan yang ada pada Sekolah umum, juga ada jurusan yang khas yang hanya ada di Madrasah Aliyah, yakni Jurusan Keagamaan sebagai salah satu jurusan yang khas mempelajari bidang keagamaan Islam.   disamping Madrasah Aliyah Kekhususan dengan jurusan tak ubahnya seperti Sekolah Menengah Kejuruan. Serta kekhususan dibidang keagamaan.
Adanya program Akselerasi yuang dilaksanakan oleh Madrasah ( dengan percepatan ujian dari setahunh dua kali menjadi setahun tiga kali ) yang sekarang menggunakan sistim SKS dengan pendidikan khusus yang dilaksanakan oleh Madrasah, baik tingkat Tsanawiyah maupun Aliyah yang dapat menempuh pendidikan yang seharusnya ditempuh dalam waktu 3 tahun dapat dipersingkat menjadi 2 tahun adalah upaya nyata untuk menampung anak anak dengan kecerdasan diatas rata rata untuk mendapatkan pendidikan sesuai dengan kemampuannya.
Ada beberapa pertimbangan bagi siswa dan orang tua dalam menentukan pilihan untuk melanjutkan jenjang pendidikan, yang salah satunya pertimbangan nilai yang didapat dari UNBK dan rayon dalam sistim PPDB yang mengakibatkan seorang siswa tidak dapat memilih semua sekolah. Disamping hal tersebut factor dom,isili dan ekonomi serta pilihan sekolah dengan cirri khas tertentu masih menjadi pertimbangan dalam penentuan sekolah.
Namun demikian, tidak sedikit siswa dan orang tua yang dalam menentukan tempat menuntut Ilmu hanya mermilih sekolah dengan pertimbangan yang paling dekat dengan rumah. Hal ini lebih banyak pertimbangan faktor  biaya tinggi jika harus sekolah ditempat yang jauh. Hingga ada yang berprinsip yang penting sekolah.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

No comments:

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2013. Blog Syafa'at - Semua Hak Dilindungi
Template Modify by Blogger Tutorial
Proudly powered by Blogger