Selamat Datang Pada BLOG SYAFA'AT semoga bermanfaat
Home » » Arah Kiblat dengan Bayang Matahari

Arah Kiblat dengan Bayang Matahari

Berdasarkan data astronomis bahwa pada hari Selasa tanggal 28 Mei 2013 pukul 12:18 Waktu Arab Saudi (WAS) bertepatan dengan pukul 16:18 WIB, matahari tepat berada di atas Ka'bah sehingga bayang-bayang semua benda yang berdiri tegak ketika mendapatkan sinar matahari dimana saja, apabila dipanjangkan akan menuju ke Ka'bah di Mekkah al-Mukarramah.
Peristiwa yang hanya terjadi dua kali dalam setahun yaitu pada tanggal 28 Mei dan 16 Juli (khusus untuk tahun kabisat terjadi pada tanggal 27 Mei dan 15 Juli). Peristiwa yang sama akan terjadi juga pada hari Selasa tanggal 16 Juli 2013 pukul 12:27 Waktu Arab Saudi (WAS) atau pada pukul
16:27 WIB.
Sehubungan dengan itu, bagi kaum muslimin yang akan mengukur arah kiblat baik pada masjid/mushalla yang akan didirikan atau untuk mengetahui kebenaran arah kiblat masjid/mushalla yang suda ada dapat memanfaatkan moment ini dengan cara:
l. Cocokkan jam yang akan digunakan Telkom (103) atau Telkomsel (301)
atau dengan RRI atau TVRI
  2. Dirikanlah sebuah benda yang tegak lurus pada bidang datar.
3. Pada jam yang telah ditentukan di atas, garislah bayang-bayang dari benda yang mendapat sinar matahari dengan pena/spidol.
4. Garis lurus inilah arah kiblat di tempat yang bersangkutan yang apabila dipanjangkan akan menuju ke Ka'bah.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

No comments:

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2013. Blog Syafa'at - Semua Hak Dilindungi
Template Modify by Blogger Tutorial
Proudly powered by Blogger